Minggu, 15 Agustus 2010

Mau Jualan? dimulai dari Pasar Asemka

Halo temen-temen netters...
Sebenarnya ide ini saya peroleh secara tidak sengaja. Saya dapat ketika sepulang belanja kebutuhan dagang di Harco Mangga Dua, Jakarta. Keinginan menghabiskan waktu sehari di Jakarta muncul begitu saja. Lalu, tanpa tujuan pasti, mobil yang saya tumpangi bersama suami mengikuti salah satu jalur angkot, hingga tibalah di tempat yang sangat ramai, dan dari kejauhan tampak tulisan PASAR ASEMKA, di setiap kios-kios yang berjajar banyak di situ.
Meski sering ke Jakarta, saya tidak tau apa isi Pasar Asemka. karena tak bermaksud masuk pasar, maka saya celingak celinguk mencari jalan keluar. Ah, padatnya. Akhirnya, terlanjur masuk kamipun mencari tempat parkir. dari lantai 1, lantai 2, dan seterusnya, semua full. Emang pasar apaan sih sampe sepenuh ini? fikirku. akhirnya kami dapat juga parkir di lantai 8.
Lalu, mulailah saya bergerilya dari lantai 1. Oalaahh...
Ternyata banyak sekali kios-kios yang berjualan macam2. Kayaknya jualan apa aja ada. oya, sewaktu parkir, saya lihat banyak mobil2 berleter luar Jakarta. Ternyata di sinilah letak berbagai macam grosir barang. Sehingga ide "dagang"pun saling berkelebatan di fikiran saya. Rata-rata semua barang yang dijual adalah harga grosir dan jarang yang bisa dibeli satuan. karena pada umumnya orang yang berbelanja di Pasar Asemka adalah para pedagang yang sedang "ngulak".
Barang-barang yang bisa kita dapatkan di Pasar Asemka
1.  Berbagai macam Accesories wanita, baik bahan pernak pernik maupun yang sudah jadi
2.  Berbagai Boneka dengan segala macam krakter
3.  Tas Sekolah, tas anak2 dan tas wanita
4.  Berbagai souvenir pernikahan
5.  Jam tangan
6.  Sepatu dan Kaos Kaki
7.  Kosmetik
8.  ATK
9.  Alat Olah Raga
10. Pernak pernik Kado & Ultah
11. Topi
12. Payung
13. Dompet dan Sabuk
14. Jas Hujan
15. Kembang api
dan masih banyak jenis barang lainnya yang bisa kita jual di tempat tinggal kita.

Apabila temen-temen ingin jualan, Pilih Produknya, mulai dari sekarang. Mulailah dari yang paling mudah, paling murah dan paling tidak beresiko. Mulailah dari Sekarang!!
Penjualan bisa dilakukan offline maupun online. Atau misalnya dengan menggunakan katalog (sehingga tak perlu stok barang), sewa counter di mall, pemasaran di tempat arisan, kelompok teman, dll. Kalau ada modal lebih, bisa di rumah atau toko dengan design sedemikian rupa agar tampil menarik. sebar brosur, pasang iklan di koran, setelah itu, tinggal nunggu pembeli datang.
Bisa juga dengan Online, gunakan blog gratisan dulu sebagai perkenalan, buat design yg menarik, upload foto sedetail mungkin. daftar di google search, dan tinggal belanja apabila ada konsumen pesan. benar2 tanpa modal bukan. Lalu, kenapa menunggu? Mulai sekarang juga!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar