Senin, 22 Mei 2017

Penampilan Memang Penting Tapi Bukanlah Hal Utama


Bikin hang tag buat gamis. Pesen 10.000 pcs, dibuatin 1000 pcs. Sewaktu complain percetakannya bilang lagi untuk kesekian kali, "Jadi, bener bikin 10.000??"

Bikin kancing, 100 gross per warna. Masih juga ditanya, "Bener bu ini bikin 100 gross per warna nih?? Mau saya catat nih takut salah,"

Di toko kain, butuh optima item 1000Y, ditanya lagi, "1000 yd masa item aja? campur warna kali ya?"

   Di zaman yang sudah serba modern ini masih saja ada orang yang berpikiran seperti itu. Melihat segala sesuatu hanya dari tampak luarnya saja. Memandang seseorang hanya dari penampilan saja. Saya tidak bilang kalau penampilan yang menarik itu tidak penting. Semua kembali pada personalnya, untuk siapa dan pada saat apa kita perlu berpenampilan menarik.
   Penampilan memang perlu diperhatikan, karena dalam ajaran Islam hal ini juga diatur. Tapi penampilan yang seperti apa dulu? Penampilan yang bagaimana dulu? Kalau penampilan itu bisa menjerumuskan kita pada riya, saya rasa itu tidak perlu. Hanya akan menambah deretan fitnah yang akan tertuju pada saya.
  Hidup dalam keserhanaan lebih menenteramkan. Kebahagiaan tidak bisa diukur dengan seberapa banyak harta yang bisa kita tunjukkan. Walaupun sebenarnya juga mampu kalau kita mau. Sekarang ini yang saya cari, bagaimana membuat hidup saya menjadi lebih berkah? Bagaimana hidup saya bisa menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain, khususnya keluarga besar Mouza.
   Keluarga yang bahagia dan sehat, anak-anak yang soleh dan soleha serta apa yang saya miliki sekarang sudah cukup buat saya. Bisnis yang lancar dan keluarga yang sederhana membuat saya hidup penuh syukur. Jika saya mempunyai harta yang berlebih, saya lebih memilih menggunakannya untuk mengembangkan Mouza agar bisa lebih bermanfaat untuk keluarga besar Mouza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar