Kamis, 04 Mei 2017

Pentingnya Manajemen dalam Sebuah Bisnis


   Banyak pelaku bisnis yang menganggap remeh sebuah manajemen dari bisnis yang sedang dijalankannya. Mereka beranggapan bahwa bisnis mereka masih dalam skala kecil sehingga tidak memerlukan sebuah manajemen. Paradigma ini sebaiknya dirubah jika pelaku bisnis ingin mengembangkan bisnisnya. 
   Para pelaku bisnis yang sedang mempunyai kepentingan dalam mengembangkan bisnisnya pasti membangun sebuah konsep bisnis. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat konsep bisnis, yaitu :
1. Laporan keuangan
    Laporan keuangan sangat penting dalam sebuah bisnis. Kondisi sebuah bisnis tercermin dari laporan keuangannya. Semua data keuangan dan aktivitas suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap data atau aktivitas usaha tersebut akan tercantum semua dalam sebuah laporan keuangan. Banyak hal bisa dibaca dari laporan keuangan tersebut, seperti : besarnya rugi/ laba suatu usaha, perubahan modal, besarnya hutang, hasil yang dicapai dari sebuah usaha serta biaya-biaya yang telah dikeluarkan dalam sebuah usaha.
2. Standart Operating Procedure ( SOP )
     SOP sangat penting dalam suatu usaha, hal ini akan dijadikan sebagai standar kerja yang harus dilakukan seluruh elemen dalam suatu usaha. Jika pekerjaan dilakukan dibawah standar maka akan terjadi ketimpangan dalam proses usaha. SOP dalam suatu usaha disesuaikan dengan job description masing-masing karyawan. Jika salah satu SOP tidak dijalankan semestinya maka akan terjadi ketimpangan dalam sebuah proses bisnis.
3. Pemasaran dan promosi
   Satu hal lagi yang penting dalam sebuah usaha yaitu pemasaran dan promosi. Sebuah bisnis harus jelas siapa target marketnya dan seperti apa pangsa pasarnya. Cara berpromosi juga perlu diperhatikan dalam melakukan aktivitas pemasaran karena hal ini akan berdampak pada image suatu usaha. Target market yang jelas akan memperbesar peluang penjualan, semakin jelas target marketnya maka penjualan juga akan semakin tinggi.
   Beberapa hal diatas sangat berpengaruh dalam menjalankan sebuah bisnis. Itu sebabnya pelaku bisnis harus benar-benar memperhatikan konsep dari bisnisnya dan kemana arah bisnisnya akan dibawa. Jadi, jika masih beralasan tidak mempunyai manajemen bisnis karena bisnisnya masih dalam skala kecil itu sama sekali tidak dibenarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar