Jumat, 29 September 2017

Tak Ada Kata Terlambat Untuk Memulai


Ingat perkataan seorang "konsultan bisnis", sekitar 3 tahun yang lalu ketika kami datang kepadanya dalam keadaan luluh lantak. 

Di sela-sela makan siang bersama, dia berkata,
"Kalau memulai lagi bisnis dari 0 bahkan minus (tanpa aset, utang banyak) seperti teteh dan mas ade, di usia lebih dari 30 tahun, itu sulit, berat, berat, berat banget."

Beliau ucapkan kata "berat" itu berulang-ulang sambil menggelengkan kepala. Terasa ada beban yang berjatuhan seketika. Selanjutnya udah nggak bisa denger lagi arah pembicaraan itu kemana, yang ada hanya sekuat tenaga untuk menahan air mata.

Perkataan itu masih terngiang-ngiang hingga sekarang.
Tapi, justru di situlah semuanya dimulai.
Perkataan itulah yang akhirnya membuatku bertekad bangkit lalu berdiri, merangkak dan belajar melangkah lagi, hingga sekarang di sini. Saat ini sudah sampai di sini. Satu kalimat yang terus kuucapkan dalam hati dan ingin kubuktikan.

"Kalaupun perkataan itu benar, maka aku adalah pengecualian".

Bos KFC aja mulai usaha di usia 65th, John Pemberton aja baru mulai Coca Colanya di usia 55th. 

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu masih ragu-ragu memulai bisnis hanya karena usia? Bukankah kesempatan selalu ada hingga kita tutup usia? 

Jangan mikir terlalu lama, karena tak pernah ada waktu yang tepat untuk sukses jika kita tak pernah mau memulainya.

Mulai dari sekarang, evaluasi dan perbaiki. Terus istiqomah dalam menjalankannya sampai tercapai semua yang diharapkan.

Karena bisnis itu dikerjakan bukan hanya direncanakan. Seperti mimpi yang tak akan pernah tercapai jika kita tidak pernah mau bangun dan mulai bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar