Senin, 15 Januari 2018

Saya Tidak Bisa Menyenangkan Semua Orang

Saya bukanlah manusia sempurna, saya bukanlah orang sholeh, dan saya masih jauh untuk menjadi manusia yang baik. Tapi, saya dengan segala kekurangan yang saya miliki, terus berusaha memperbaiki diri dan menjadikan diri ini bermanfaat untuk orang lain, bagaimanapun caranya.

Terkadang, muncul tidak percaya diri. Siapalah saya? Apalah saya? Berani-beraninya berdiri di depan dan menyuarakan kebaikan.

Apalagi muncul banyak sekali suara, 
kamu belum pantas, ada yang lebih pantas untuk sharing daripada kamu.
Ada yang bilang banyak yang lebih berpengalaman daripada kamu, dan lebih layak berdiri di depan dibanding kamu.
Ada yang bilang hanya untuk mencari nama dan ketenaran. 
Ada yang bilang merasa diri lebih baik dan lebih pintar.
Lebih sedihnya lagi yang bilang itu adalah teman sendiri dan saya masih mengingat semua kata-katanya dengan baik.

Padahal tujuan saya hanya satu, berbagi kebaikan. Itu yang berkali-kali diajarkan para guru kepada saya. Tak terpikirkan sama sekali, semua yang saya lakukan agar saya bisa muncul didepan. Apalagi hanya untuk mencari ketenaran. Saya hanya menginginkan, apa yang saya lakukan, bisa memberikan manfaat panjang, disaat saya masih ada, ataupun tak ada di dunia ini. 

Saya pernah berada dalam posisi roda hidup yang paling bawah, dan juga pernah merasakan berada dalam roda hidup yang paling atas. Jadi, saya sudah biasa merasakan keduanya. Sebagai orang yang pernah terjun di dunia jurnalis, saya juga biasa berteman dengan segala kalangan, miskin, kaya, pejabat, artis, buat saya semua rasanya sama. Sehingga hal-hal keduniaan bukan lagi tujuan, tapi fasilitas untuk mengejar hidup yang sesungguhnya.

Sahabatku..
Inilah hidup, ada yang suka dan tidak suka. Tapi amalan bukan diukur dari like atau dislike. Tak perlu risau dengan kicauan di luar sana. Hal-hal seperti itulah yang akan menguatkanmu.

Tugas kita hanya satu. Tetap menjadi orang baik. Menjadi orang yang bermanfaat, meskipun tanpa pujian, meskipun tanpa pengakuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar