Selasa, 25 September 2018

Krisis Empati


Beredar banyak di timeline...

"Dollar mau naik segimana juga saya mah nggak peduli. Nggak belanja pake dollar. Sy tetap makan 3x, beras sawah sendiri, sayur nanam sendiri."



"Dollar berapa pun bukan urusan saya. Alhamdulillah msh bisa makan, sekolah anak-anak masih kebayar, semua masih kebeli, aman saya mah."



"Alhamdulillah saya mah ga terpengaruh sama dollar naik. Jadi nggak perlu dipermasalahkan. Semua masih bisa kebeli. Keluarga masih bisa makan. Itu udah cukup untuk saya."



Masih banyak lagi postingan-postingan serupa dan nggak tau kenapa, sedih aja bacanya.

Kalo harus dibilang, sama saya juga masih bisa makan enak, masih kebeli ini itu. 

Tapi ini soal empati. Bersyukur kita diberi rezeki cukup hingga tak kekurangan meskipun dollar naik. Bersyukur dollar ga berdampak langsung pada kita.

Tapi ini soal empati. Banyak di luar sana yang tak seberuntung kita yang merasakan langsung efek dollar. Mungkin kita belum atau tidak bisa membantu teman-teman kita yang merasakan efek dollar naik, tapi paling tidak kita bisa berempati. Mencoba merasakan dan memahami jika posisi kita adalah orang yang kekurangan itu.

Karena itulah saya selalu menyemangati diri saya, agar terus membesarkan bisnis. Karena hidup bukan hanya mikirin perut sendiri. Karena hidup nggak selesai hanya dengan perut keluarga sendiri kenyang, nafkah suami lancar, dll. Sementara banyak teman dan keluarga di sekitar kita yang kekurangan.

Kalau kita tidak bisa berbuat banyak untuk membantu negara soal dollar, kalau kita tak bisa berbuat banyak membantu teman-teman kita yang merasakan efek dollar, cukuplah kita tidak perlu berkomentar apa-apa. Nggak perlu nyinyir dan nggak perlu update soal tak berefeknya dollar pada kehidupan pribadi kita karena kita masih diberi rezeki yang cukup. 

Jangan sampe jadi sebab munculnya kesombongan. Karena Allah-lah Maha Kuasa atas rezeki yang kita punya. Dan Allah pulalah yg berkuasa pada siapa rezeki diberikan dan diambil. Jika tak bisa berempati, Cukuplah diam.

Semoga Allah lindungi negara kita. Semoga Allah limpahkan rezeki berlimpah kepada kita semua.
Aamiin...

Dinii Fitriyah, owner Mouza Indonesia yang BBnya kayak dollar. Naik terus ga turun-turun. 😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar